Cara Menghitung Premi Asuransi dengan Rumus, Jangan Salah

Semua orang tidak akan pernah tahu risiko apakah yang kemungkinan dapat terjadi, itulah mengapa mengetahui cara menghitung premi asuransi menjadi hal penting sebelum menggunakan perusahaan jaminan tersebut. Sebab dengan begitu dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing calon nasabah.

Secara singkat, premi asuransi merupakan jumlah uang tanggungan yang bisa dibayarkan sesuai dengan tempo dan polis di mana sudah dipilih oleh para nasabah. Adapun jumlah pembayaran itulah nantinya akan berpengaruh terhadap kelengkapan dari fasilitas serta layanan yang akan didapatkan nantinya.

Biasanya semakin mahal jumlah uang tanggungan yang harus dibayarkan maka layanannya akan semakin lengkap. Namun perlu diingat apabila ingin memilih tanggungan per bulan tetap harus melihat kondisi dulu. Apabila Anda belum mengetahui cara menghitung premi asuransi tersebut maka penjelasan dari kami wajib diketahui.

Rumus dan Cara Menghitung Premi Asuransi

Perlu diketahui bahwa untuk cara untuk menghitung premi asuransi sendiri ternyata juga dipengaruhi oleh beberapa factor didalamnya. Karena itulah kemungkinan besar biaya yang harus dikeluarkan oleh setiap nasabah akan berbeda-beda.

Adapun beberapa faktor penentu tersebut diantaranya adalah jenis asuransi, faktor-faktor pengaruh di dalamnya hingga syarat-syarat yang dimiliki oleh perusahaan asuransi bersangkutan. Sejumlah syarat tersebut diantaranya adalah usia, kelami, batas uang, kebijakan dan masih banyak lagi.

  1. Rumus Melakukan Perhitungan Premi

itulah mengapa sebelum melakukan deal dengan perusahaan bersangkutan maka sebaiknya mengetahui jumlah uang pertanggungan dahulu. Untuk mengetahui besarnya tanggungan di mana harus dibayarkan maka dapat menggunakan rumus berikut sebagai perhitungannya.

Jumlah premi = Tarif Premi x Jumlah Uang Pertanggungan

  1. Ketahui Dahulu Besarnya Biaya Pertanggungan

Selain cara menghitung premi asuransi diatas, buat mengetahui uang pertanggungan sendiri juga bisa dilakukand engan mudah. Yakni melalui perhitungan harga yang wajar di kondisi awal atau terkini dari objek dimana akan dipertanggungkan tersebut.

  1. Cara Melakukan Pembayaran Premi Tersebut

Saat ini, proses pembayaran tanggungan sendiri sudah dapat dilakukan dengan sangat mudah sehingga para nasabah tidak perlu pusing lagi. Beberapa metode yang biasanya digunakan antara lain auto debit, virtual account, kartu kredit hingga menggunakan setor dana.

Baca Juga :  Panduan Memilih Asuransi All Risk yang Berkualitas Tinggi

Para pelanggan sebaiknya dapat memilih auto debit karena dapat membantu terhindar dari keterlambatan dalam pembayaran. Namun juga kembali lagi bagaimanakah Anda memperoleh kenyaman selama menggunakan produk asuransi tersebut.

Manfaat atau Tujuan dari Premi Buat Pihak Nasabah Asuransi

Bagaimana cara menghitung premi asuransi memang sangat mudah dilakukan bukan? Jadi, ternyata kehadiran tanggungan ini juga menawarkan beberapa manfaat serta tujuan bagi para nasabah diantaranya adalah sebagai berikut

  1. Bisa Memperoleh Jaminan Perlindungan

Dengan melakukan pembayaran uang tanggungan itulah, maka Anda bisa memperoleh jaminan perlindungan terhadap berbagai macam risiko yang bisa saja terjadi. Sebab Anda pastinya tidak akan pernah tahu kapan kejadian buruk hingga menimbulkan kerugian akan terjadi bukan?

  1. Bermanfaat Buat Meminimalisir Kemungkinan Risiko

Tidak sampai disitu saja, dengan membayarkan tanggungan inilah ternyata juga dapat digunakan sebagai pengalihan risiko kerugian. Sebab nantinya pihak perusahaan sebagai penanggung akan bersedia membayarkan ganti rugi terhadap risiko kerugian yang dialami oleh para konsumen.

  1. Sebagai Pemerataan Biaya

Untuk para nasabah, keberadaan dari tanggungan ternyata juga dapat bermanfaat sebagai pemerataan biaya. Sebab nantinya hanya dengan membayarkan dana sesuai dengan jumlah yang disepakati maka tidak perlu membayar ganti rugi apabila terjadi risiko tak diinginkan.

Keberadaan asuransi sebagai jaminan kesehatan atau perjalanan seseorang memang sangat penting karena dapat meminimalisir kerugian yang bisa diperoleh. Dengan mengetahui cara menghitung premi asuransi itulah ternyata akan memberikan banyak keuntungan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.