m

Bisakah Uang Koin Kelapa Sawit Seharga Rs 1.000=15 juta?

lendovisanje.com – Bank Indonesia (BI) menjawab pertanyaan pengguna internet tentang mata uang rupiah. Salah satunya adalah koin 1.000 rupee dengan gambar minyak sawit.
Seorang netizen meminta kepada BI di akun Instagram bank_Indonesia uang logam 1.000 rupee dengan gambar kelapa sawit.

“Bagaimana dengan koin 1000 rupee dengan gambar pohon kelapa sawit, apakah itu benar-benar dapat dijual seharga 15.000.000 rupee/koin?” tanya seorang warganet mengutip akun Instagram BI, Sabtu (6/2/2021).
BI pun menjawab pertanyaan itu.

“Bank Indonesia tidak melakukan jual beli uang dimaksud, melainkan menawarkan jasa penukaran uang batal dan penarikannya dari peredaran dengan cara penukaran/penukaran sejumlah nominal uang yang dipertukarkan, sebagaimana diketahui,” rekening BI menulis.

BI juga menegaskan bahwa uang logam 1.000 rupee yang dikeluarkan pada tahun 1993 untuk minyak sawit masih sah di wilayah Indonesia dengan nilai nominal yang sama dan belum dibatalkan atau ditarik.
“Kalau beli uang untuk tagih (bukan untuk transaksi), harga koin sawit tergantung kesepakatan pembeli dan penjual,” jelas BI.
Sebagai informasi, situs resmi Bank Indonesia mencantumkan deskripsi uang logam 1.000 rupiah dengan foto kelapa sawit. Antara lain, tahun penerbitan adalah 1993. Koin, lingkar luar Nikel Cupro, lingkar dalam perunggu aluminium.

Maka berat uang logam tersebut adalah 8,60 gram, keliling luarnya 26,00 mm, dan keliling dalamnya 18,00 mm. Warna koin adalah kombinasi putih dan dahi. Di bagian depan terdapat tulisan timbul: Bank Indonesia dan gambar relief burung Garuda. Muka uang kertas bergerigi, dan di baliknya ada tulisan yang diukir dengan minyak sawit, serta ukiran gambar pohon palem, nomor reliefnya 1000.

Baca Juga :  7 Langkah Sederhana untuk Sukses Trading di Binomo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *