dunia investasi
dunia investasi

Berbagai Istilah di Dunia Investasi yang Perlu Diketahui

Dunia investasi kini semakin diminati oleh berbagai kalangan. Hal tersebut dikarenakan ada banyak manfaat yang bisa didapatkan ketika Anda memutuskan untuk melakukan investasi. Hasil yang didapatkan juga menggiurkan.

Nah, investasi ini juga terdiri dari berbagai macam jenis. Maka, Anda bisa memilih yang paling mudah untuk dijalankan. Selain itu, pilihlah yang minim resiko ketika Anda menjadi seorang investor pemula.

Istilah yang Perlu Diketahui di Dunia Investasi

Ketika Anda tertarik untuk bergabung sebagai seorang investor, maka memahami berbagai macam istilah sangat penting untuk dilakukan. Jika tidak, maka Anda akan merasa bingung sendiri. Berikut referensi beberapa istilah dalam dunia investasi.

Buy and Sell

Dalam Dunia investasi, Buy and Sell berarti menjual dan membeli. Ketika melakukan buy, maka Anda sebagai investor akan mengeluarkan dana. Kebalikannya, ketika sell investor akan mendapatkan dana dari jenis investasi yang dimilikinya.

Return

Ketika berinvestasi, Anda menginginkan sebuah keuntungan bukan? Nah, return artinya adalah keuntungan. Keuntungan inilah yang bisa dinikmati oleh para investor setelah melakukan penarikan dana terhadap jenis investasi yang telah dijualnya.

Take profit

Ini berarti batasan keuntungan yang akan didapat. Jika Anda sebagai investor mengambil keuntungan , maka ada batasannya.

Diversifikasi

Ini adalah istilah yang memiliki arti tidak menaruh telur dalam sebuah keranjang. Artinya, Anda sebaiknya tidak mengalirkan seluruh dana yang dimiliki pada satu jenis instrumen saja.

Saham blue chip

Dalam dunia investasi,saham blue ship merupakan jenis saham paling unggulan. Kapitalisasinya cukup besar dan bisa mencapai 40 triliun

Portofolio

Ini merupakan surat-surat yang dimiliki oleh investor ketika akan melakukan diversifikasi. Dengan memiliki portofolio yang baik, makar risiko akan menjadi lebih mudah untuk diminimalisir.

Baca Juga :  Trading yang Terdaftar di OJK dan Regulasinya

Beberapa Hal Mengenai Pentingnya Melakukan Investasi

Mungkin Anda bertanya-tanya mengapa penting sekali untuk bergabung dalam dunia investasi bukan? Menabung atau menjadi investor sedari dini akan menjadi sebuah alat untuk melindungi diri ketika tidak memiliki daya beli uang.

Apalagi, cara untuk melakukannya juga beragam dan sangat mudah. Berikut beberapa hal yang membuat Anda harus melakukan investasi.

1. Memenuhi kebutuhan jangka pendek maupun panjang

Manusia merupakan mahluk dengan kebutuhan yang sangat beragam. Banyak sekali kebutuhan yang harus dipenuhi baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Itulah mengapa penting untuk menabung.

Anda bisa mulai mengumpulkan dana secara lebih ringan untuk kebutuhan jangka pendek dan panjang. Bayangkan jika kebutuhan dadakan menghampiri namun tidak memiliki dana? Repot kan

2. Penting bagi bisnis

Mempertahankan bisnis menjadi sebuah dasar untuk menjadi seorang investor. Ini tidak hanya akan membantu dalam menumbuhkan modal saja. Namun,Anda akan bisa memperluas bisnis sehingga menjadi pengusaha yang lebih sukses.

3. Biaya pendidikan

Di jaman yang sudah maju seperti sekarang,kebutuhan pendidikan merupakan hal yang harus diutamakan. Biaya pendidikan juga selalu meningkat setiap tahunnya. Maka, berjaga-jagalah dengan melakukan investasi.

4. Untuk mencukupi kebutuhan pensiun

Tujuan yang perlu dilakukan sejak Anda masih muda adalah menyusun sesuatu jangka panjang di masa depan. Ini termasuk memikirkan tentang pensiun. Anda akan merasa lebih tenang untuk menghadapi hari tua.

5. Membiayai keluarga

Setiap orang tentu saja menginginkan terbaik untuk keluarganya. Dengan investasi, Anda bisa membiayai keperluan keluarga. Contohnya saja untuk berlibur, kredit kendaraan, maupun kredit rumah.

Investasi bisa dilakukan oleh siapa saja mulai dari sekarang. Hal paling pentingnya adalah Anda tidak boleh takut untuk memulainya. Mulailah bergabung di dunia investasi yang paling mudah dilakukan terlebih dahulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *